Jika Anda saat ini berencana ingin membangun sebuah rumah maka ada baiknya untuk Anda mencoba penggunaan atap polycarbonate. Jenis atap ini sedang eksis di kalangan penggunaan rumah modern hingga rumah minimalis. Memberikan kesan yang elegan dan menambah tampilan menjadi lebih menarik.

Hal ini karena ciri khas warna transparan atau bening yang dimilikinya sehingga setiap rumah yang menggunakan atap ini untuk di bagian luar rumah akan memberikan pantulan cahaya yang menarik. Namun sebelum membeli ada baiknya Anda mengetahui informasi mengenai jenis atap tersebut.

Apa Itu Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate adalah jenis atau yang dibuat dengan material dasar yaitu thermoplastic polymer. Adapun sifat dari material penyusun tersebut adalah mudah dibentuk dan juga dapat didaur ulang. Dapat dengan mudah dibentuk karena dalam proses pembuatannya menggunakan tingkat panas tertentu.

Selanjutnya atap polycarbonate juga diklaim proses pembuatannya dilakukan dengan proses penyulingan bahan bakar dari kelompok hidrokarbon yang lebih ringan sehingga Anda bisa menyebutnya sebagai pecahan. Kemudian pecahan tersebut digabungkan dengan katalis lain untuk bisa menghasilkan plastik.

Karena sifat yang dimilikinya tersebut maka penggunaan atap polycarbonate bisa dianjurkan oleh Anda yang ingin memiliki tampilan bagian luar rumah yang estetik. Sifatnya yang ringan, tahan lama, serta dapat tahan terhadap suhu ekstrem seperti sinar matahari yang begitu terik dan hujan yang lebat dapat dijadikan pilihan untuk anda.

Jenisnya juga berbagai bentuk, ada yang berbentuk rata dan juga ada yang berbentuk gelombang. Anda tinggal menyesuaikan dengan bentuk rumah yang Anda miliki dan selera anda. Keduanya tetap akan memberikan kesan rumah yang mewah dan elegan untuk ditinggali.
 
Namun ternyata karena sifatnya yang transparan tersebut, jika Anda sedang berada di luar ruangan saat panas terik maka Anda bisa merasakan panas sinar matahari di luar yang sangat terik. Untuk itu ada beberapa cara agar penggunaan atap polycarbonate dapat dikurangi panas akibat sinar mataharinya.

Cara Proteksi Saat Menggunakan Atap Polycarbonate

Cara pertama yang dapat dilakukan sebagai proteksi pada penggunaan atap polycarbonate adalah dengan memperbaiki ventilasi rumah. Hal tersebut berkaitan dengan panas masuk dan keluar. Jika ventilasi Anda baik, maka panas yang masuk dapat segera dikeluarkan sehingga ruangan Anda menjadi tidak terlalu panas.

Cara kedua adalah Anda bisa menanami tanaman rambat di sekitar pekarangan rumah anda. Hal ini karena tanaman rambat adalah salah satu bentuk konsep green roof atau grren wall. Sifatnya yang dapat meredam panas akan membuat panas terik akibat penggunaan atap jenis polycarbonate dapat direduksi dan udara menjadi lebih sejuk.

Cara ketiga adalah Anda bisa mengganti warna atap polycarbonate anda. Semakin gelap warnanya maka akan semakin kecil adanya transmisi panas yang memasuki ruangan. Pilihlah warna seperti silver, hitam, atau coklat untuk dapat mengurangi panas matahari ketika siang datang dan Anda sedang bersantai di dalam rumah.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan kombinasi anatara tap polycarbonate dengan atap Upvc. Sifat atap UPVC adakan membuat thermal insulat suhu dibawahnya menjadi lebih sejuk sehingga di lapisan atas adalah atap alderon atau UPVC dan pada lapisan bawahnya adalah atap polycarbonate.

Menggunakan atap polycarbonate adalah pilihan yang tepat bagi rumah idaman zaman sekarang. Namun Anda juga bisa tetap sejuk di dalam ruangan saat siang hari dengan melakukan cara cara tersebut sehingga tidak menjadi menghambat penggunaan atap polycarbonate pada rumah Anda.

Tahukah Anda alasan kenapa atap uPVC SKYDECK adalah atap upvc terbaik ? Yuk simak video penjelasan mengenai atap uPVC SKYDECK berikut ini https://youtu.be/q5Q19XCk8as