Air menjadi bagian penting untuk aktivitas di rumah. Anda perlu air untuk minum, memasak, mencuci, mandi dan sebagainya. Tandon air atau tangki air merupakan suatu alat penampung air untuk memastikan kebutuhan air di rumah tetap terpenuhi dengan baik. Tandon air dapat berfungsi maksimal menggunakan pompa air yang berkualitas. Simak, tips memilih pompa air yang tepat untuk tandon air berikut ini!

1. Memastikan Kedalaman Permukaan Air

Tips pertama dalam memilih pompa adalah memastikan kedalaman permukaan air. Anda perlu tahu berapa dalam sumber air di area rumah kamu. Kedalaman permukaan air ini akan mempengaruhi kekuatan mesin pompa yang dibutuhkan.

Anda bisa mengukurnya sendiri menggunakan benang dan paku. Jika tidak yakin, mintalah bantuan tukang yang akan memasang pompa untuk mengukur kedalaman permukaan air sebelum Anda membeli pompa. Contoh, kedalaman air 7-9 meter akan membutuhkan pompa jenis semi jet-pump. Sedangkan, kedalaman 20 meter lebih cocok dengan pompa jet-pump.

2. Memilih Pompa Air berdasarkan Voltase Pompa

Mesin pompa air punya voltase berbeda. Sesuaikan kapasitas listrik di rumah Anda dengan voltase pompa air yang akan dibeli. Hindari memilih voltase pompa yang terlalu rendah karena berisiko aliran debit air kurang maksimal. Kekuatan mesin pompa semakin besar maka semakin tinggi jumlah voltasenya. Pompa jet-pump umumnya punya voltase 250 sampai 500 watt dalam kondisi stabil.

3. Memilih Pompa Sesuai Kebutuhan Air Anda

Kebutuhan air dipengaruhi akitivas anggota keluarga di rumah. Semakin banyak orang yang tinggal di rumah maka semakin tinggi kebutuhan airnya. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli pompa air pastikan sesuai dengan kebutuhan air di rumah. Selain kebutuhan air, sesuaikan juga jenis pompa air yang akan Anda beli dengan tempat Anda akan meletakannya.

Ada mesin pompa yang berukuran kecil, sedang dan besar. Jika Anda hanya tinggal berdua, Anda cukup memilih pompa dengan daya sedang sehingga bisa menghemat pemakaian listrik. Sedangkan, jika Anda punya anggota keluarga banyak Anda bisa memilih pompa air berukuran besar. Pompa besar biasanya disimpan di bagian luar rumah agar tidak mengganggu aktivitas keluarga.

4. Memeriksa Kualitas Pompa Air Sebelum Membeli

Kualitas pompa air dipengaruhi dari material dan komponen yang digunakan. Tiap jenis pompa air juga punya keunggulan masing-masing sesuai dengan jenis, merek dan harganya. Sebaiknya, Anda memilih pompa yang menggunakan stainless steel di bagian impeller agar lebih awet dan tidak mudah patah. Bahan tembaga untuk bagian lilitan motor cenderung lebih awet dan tidak mudah panas.

5. Memilih Pompa Air yang Tidak Bising

Banyak jenis pompa air di pasaran. Pompa air berkualitas baik biasanya ditandai dengan mesin yang tidak bising ketika digunakan. Selain itu, mesin pompa yang tidak bising akan membuat Anda lebih nyaman. Jika suara mesin pompa terlalu bising bisa jadi ada kerusakan komponen, tanyakan pada pihak penjual agar lebih jelas.

Dengan tips memilih pompa air yang tepat untuk tandon air ini, Anda bisa mendapatkan pompa yang sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda. Cari referensi merek pompa di internet atau minta rekomendasi teman yang lebih berpengalaman untuk menentukan pompa air terbaik. Bandingkan spesifikasi pompa air salah satu merek dengan merek lain. Pastikan pilihan pompa air Anda sesuai dengan budget dan berfungsi dengan baik.

Jika sobat EXCEL ingin tau cara mudah membersihkan tandon air EXCEL klik link berikut ini ya https://youtu.be/jCXr5D-gZXg