Keberadaan tangki air stainless tentu menjadi hal yang sudah lumrah bagi anda. Salah satu peralatan rumah tersebut masuk dalam kategori penting keberadaanya. Keberadaannya berfungsi untuk menampung dan juga sebagai tempat penyimpanan pasokan air bila saluran air PAM Anda mengalami hambatan atau mati.

Ukuran dan jenisnya juga bermacam macam dapat Anda temukan di pasaran. Tangki air juga disebut sebagai tandon air. Saat ini trend menggunakan tangki air berbahan stainless steel sedang marak sehingga Anda harus mengetahui bagaimana perawatannya dan kelebihannya sebelum memutuskan untuk membeli.

Cara Membersihkan Tangki Air Stainless Steel

Karena fungsi dari tangki air adalah sebagai tempat penyimpanan air maka Anda perlu memperhatikan kebersihan dari tangki air stainless steel milik anda. Ada beberapa perawatan yang harus Anda perhatikan agar kualitas air yang tersimpan dalam tangki tetap terjaga dan tidak tercemar.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan baking soda. Baking soda yang memiliki pH mendekati angka 9 (bersifat basa) maka dapat berfungsi untuk menghilangkan noda atau partikel semacamnya lebih baik apabila dibandingkan dengan menggunakan sabun.

Anda bisa menuangkan baking soda ke dalam ember yang sebelumnya sudah terisi dengan air. Kemudian Anda bisa mengoleskan ke bagian dalam tangki steel secara menyeluruh dan selanjutnya bilas hingga bersih dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Cara ini terbukti ampuh untuk membersihkan.

Cara kedua adalah dengan menggunakan cuka. Pemakaian cuka putih untuk membersihkan noda yang ada di tangki air terbukti ampuh. Pasalnya dalam cuka terkadung asam asetat sebanyak 5% yang ampuh mengangkat kotoran dan noda serta bakteri patogen yang menempel pada permukaan dan dalam tangki.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan alcohol. Anda bisa menggunakan variasi alcohol 75% saja. Dengan kadar alcohol tersebut maka bakteri patogen yang terdapat didalam tangki air stainless bisa mati. Namun Anda seharusnya membilasnya dengan air bersih sesudah melap dengan alcohol.

Keunggulan Tangki Air Stainless Steel

Jika berbicara mengenai kelebihan, maka Anda akan menemukan banyak kelebihan atau keunggulan dari jenis tangki ini. Salah satunya adalah dari segi ketahanan atau keawetannya. Dibandingkan dengan tipe tangki air fiberglass atau berbahan plastik maka sudah jelas dengan bahan stainless akan lebih tahan lama.

Selanjutnya tangki air stainless steel juga tahan terhadap korosi, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tangki Anda terkena hujan dan terik matahari bergantian setiap hari karena bahan penyusunnya sudah sangat baik didesain untuk tidak mudah korosi dalam kondisi ekstrem seperti hujan lebat dan sinar matahari terik di musim kemarau.

Kemudian Anda tidak perlu khawatir air yang tersimpan kualitasnya menjadi rusak karena dengan bahan tersebut maka tidak akan tembus sinar matahari. Biasanya air yang tersimpan dan terkena sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menurunkan kualitas air sehingga tidak layak konsumsi.

Keunggulan dari segi perawatan juga terbilang lebih mudah. Selain itu juga, tangki jenis ini memiliki tampilan yang lebih sedap untuk dipandang. Hal ini karena bahan penyusunnya memberikan kesan elegan bagi siapa saja yang melihatnya. Sehingga akan menambah kepercayaan diri pemiliknya.

Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih tangki jenis stainless sebagai wadah penyimpanan air anda. Dengan kelebihan yang dimiliki serta perawatannya yang terbilang mudah maka Anda bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Menggunakan tangki air stainless steel akan memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Taukah Anda apabila Anda tinggal di daerah pantai sebaiknya memilih tangki air stainless steel dengan ketebalan 0.7mm ? Toren Stainless Steel EXCEL menyediakan 2 macam jenis tangki stainless dengan ketebalan dan ukuran yang beragam, yuk simak video review lengkap tangki air stainless steel 500-5000 liter berikut ini https://youtu.be/cIlhptKyz1A