Taman atap / roof garden sangat digemari oleh hunian bertingkat, khususnya apartemen atau rumah bertingkat lain yang berukuran luas. Selain berfungsi sebagai area hijau di perkotaan, taman di atas atap rumah juga bisa digunakan untuk bersantai, barbeque dan hangout bersama teman - teman. Desain taman di atas atap rumah semi outdoor memang jarang diaplikasikan pada desain rumah minimalis 2 lantai, karena fungsinya tidak jauh berbeda dengan balkon. Tapi di zaman sekarang, sangat banyak digandrungi oleh perumahan milenial. Balkon juga sangat digandrungi selain untuk tempat santai, dak atas penjemuran, kini dipakai juga untuk tempat hangout hingga dijadikan cafe, dan tempat barbeque.

Taman rumah / roof garden biasanya dibuat pada area atap yang luas sehingga bisa digunakan sebagai teras untuk bersantai. Taman atap ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi keterbatasan lahan khususnya di perkotaan jika Anda tidak mempunyai lahan tanaman hijau yang cukup luas untuk rumah Anda. Saat ini banyak sekali yang menggunakan dak rumah sebagai sarana untuk beristirahat sekaligus menaruh beberapa pepohonan untuk membuat rumahnya semakin nyaman untuk ditinggali, selain agar nyaman untuk ditinggali taman di atas rumah juga bisa diperuntukkan untuk menghasilkan oksigen.

Tapi tak jarang pula dak atas rumah atau ruang terbuka di bagian atap rumah sering kali dibiarkan terbengkalai dan tidak terawat. Padahal jika kalian memiliki effort dan tentunya memiliki biaya lebih, dak atas rumah yang tidak terlalu luas, tentunya bisa banget nih kalian sulap menjadi taman di atas atap rumah / roof garden. Uniknya, taman pada rumah Anda, tidak akan ditemukan di lantai dasar, tetapi justru di atas atap rumah Anda. Tentu saja itu menjadi satu hal unik untuk rumah Anda kan sob! Tentu nya juga rumah Anda akan tampak lebih berbeda dibanding rumah lainnya.

Mau tau tips apa saja dalam mendesain taman atap di atas rumah / roof garden semi outdoor. Faktanya Anda hanya perlu menggunakan atap transparan EXCEL B lho!

Yuk simak artikel ini sob!

1. Pembatas
Gunakan pembatas / railling halaman sebagai pelindung taman di atas atap rumah / roof garden Anda, karena posisinya yang berada di dak atas rumah, tentunya bisa membahayakan penghuni rumah jika tidak dibuatkan pembatas di seluruh sisi. Anda bisa menggunakan panel beton atau pagar besi, atau bahkan langsung dipagari dengan tanaman yang Anda inginkan, atau juga Anda bisa menggunakan Atap gelombang transparan EXCEL B dari GRAHAEXCEL tidak hanya untuk Atap, tapi untuk cladding sebagai pembatas, tentu bisa ya.

2. Tema
Selaraskan tema taman di atas atap rumah, dengan design rumah yang Anda pilih. Apakah Anda menggunakan konsep rumah minimalis atau rumah scandinavian. Hal ini akan membantu Anda menemukan furniture yang akan digunakan sebagai pelengkap / pemanis look pada taman di atas atap rumah yang Anda miliki. Atap gelombang transparan EXCEL B dari GRAHAEXCEL, sangat cocok untuk tipe hunian Scandinavian yang membutuhkan banyak sekali cahaya matahari, karena Atap gelombang transparan EXCEL B dari GRAHAEXCEL memiliki sifat transparan dan transmisi cahaya 98%, maka otomatis sudah sangat sesuai dengan tipe hunian Scandinavian.

3. Jenis tanaman
Pilih tanaman yang bisa beradaptasi dengan paparan sinar matahari, karena tidak semua tanaman membutuhkan pencahayaan matahari yang maksimal, contohnya tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik yang membutuhkan cahaya matahari maksimal, dan ada juga yang cukup dengan pencahayaan menggunakan sinar spectrum merah dikombinasikan dengan sinar spectrum biru.

Jadi, sesuaikan dulu dengan tipe tanaman yang Anda inginkan. Jika sudah tahu, tanaman tersebut membutuhkan cahaya matahari full, cocok untuk terkena sinar matahari langsung. Anda juga bisa menanam berbagai tanaman mulai dari bunga-bunga cantik, tanaman obat, sampai sayur-sayuran yang bisa dimasak dan dikonsumsi. Selain membuat tampilan taman atap lebih asri dan hijau, pemanfaatan taman atap menjadi area berkebun juga bisa membuat kalian menghemat pengeluaran belanja sayur.

Atap gelombang transparan EXCEL B yang diproduksi oleh GRAHAEXCEL sangat cocok untuk tipe tanaman yang membutuhkan sinar matahari full secara langsung, karena transmisi cahaya yang dihasilkan dari Atap gelombang transparan EXCEL B adalah 98%, dengan transmisi cahaya seperti ini tentu akan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan hidup tanaman tersebut.

Contoh,

- Tanaman bunga akan lebih sering berbunga, jika mendapatkan pencahayaan matahari full secara langsung dengan Atap gelombang transparan EXCEL B yang diproduksi oleh GRAHAEXCEL
- Tanaman sayur dan buah, akan lebih cepat dipanen karena proses matangnya juga menjadi lebih cepat.
- Tanaman hias, yang hanya mengandalkan daun, untuk kecantikannya, jika mendapatkan pencahayaan matahai full secara langsung dengan Atap gelombang transparan EXCEL B maka daun yang dihasilkan memiliki warna hijau full, tidak kuning, tentunya daun juga akan menjadi lebih mengkilap dan lebih segar.

4. Instalasi Air
Tentukan lebih dahulu saluran air di rumah Anda sebelum membuat taman di atas atap rumah. Dengan adanya taman di atas atap rumah, Anda akan membutuhkan pipa khusus untuk mengalirkan air, ke tanaman maupun sebagai pengaliran air hujan.

5. Furniture
Gunakan furniture sesuai dengan gaya rumah Anda. Rancang tampilan taman di atas atap rumah yang diinginkan sebelum proses pembuatan selesai. Sobat EXCEL bisa mengaplikasikan lantai parquet dan menambahkan sofa santai ataupun bean bag agar suasana lebih nyaman dan santai. Untuk material lapisan sofa, kalian bisa memilih sofa berbahan katun, nilon atau polyester, dan jangan lupa juga untuk mengantisipasi air hujan, Anda bisa aplikasikan mini tenda seperti ini, tapi jika merasa terlalu ribet harus selalu bongkar pasang tenda, Anda bisa menggunakan Atap gelombang transparan EXCEL B sebagai solusinya, penerangan natural dengan transmisi 98%, dan tentunya dilengkapi pula dengan lapisan UV Protection, yang membuat cahaya seakan masuk seluruhnya, tapi kita tidak akan merasakan panas yang menyengat, karena sudah dilapisi dengan lapisan UV Protection. Jadi Anda tidak perlu khawatir, untuk bersantai di atas rumah.

6. Desain
Anda bisa mendesain taman di atas atap rumah / roof garden outdoor atau semi outdoor tergantung selera Anda. Jika Anda memiliki budget yang lebih, Anda bisa mendekorasinya sebagai tempat berkebun, bersantai, makan malam, area bermain dan lain sebagainya. Dengan pemilihan layout dan design yang apik, taman atap ini bisa menjadi spot favorit di rumah. Selain berbagai tanaman dan rumput hijau, kalian juga bisa menambahkan batu-batu alam agar kesan alaminya semakin terasa.

Jika tidak cukup merasakan sensasi alam, dengan memiliki taman di atas atap rumah, Anda juga bisa memadukannya dengan membuat kolam renang. Karena dengan adanya kolam renang, kesan adem dan sejuk akan semakin terasa. Jadi untuk bersantai bersama keluarga, sambil menikmati teh dan semilir angin, tentunya Anda akan merasa relax.

7. Atap
Agar tidak kepanasan di siang hari, kalian juga bisa membuat taman di atas atap rumah / roof garden dengan konsep semi outdoor. Taman atap di atas rumah yang memiliki konsep semi outdoor ini, bisa Anda pilih untuk kalian yang ingin tetap merasakan feel outdoor dengan pencahayaan matahari yang maksimal, tanpa takut kehujanan tentunya. Anda bisa menggunakan Atap gelombang transparan EXCEL B dari GRAHAEXCEL sebagai pilihan atap dak rumah Anda sob.

Atap transparan EXCEL B dari GRAHAEXCEL ini terbuat dari bahan plastik PET (Polyethylene Terephthalate). Apa sih bahan plastik PET itu? PET merupakan jenis plastik transparan bening seperti kaca namun memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan kaca. Atap transparan EXCEL B (PET) memiliki fleksibilitas yang tinggi, sehingga tidak mudah pecah atau patah begitu dilengkungkan ya sob! Oiya sob, Atap transparan EXCEL B dari GRAHAEXCEL tentunya sudah Aman bagi kesehatan ya karena bahan plastik PET itu juga merupakan tipe plastik yang sering kita jumpai pada botol minum air mineral dengan logo PET segitiga angka 1. Jadi tidak perlu diragukan lagi ya sob.

Oh iya sob, walaupun atap gelombang transaparan EXCEL B bening seperti kaca, sobat EXCEL jangan khawatir kepanasan ya. Karena atap gelombang transparan EXCEL B dilengkapi lapisan pelindung UV jadi tentunya sudah tahan terhadap panas walaupun cahaya matahari full masuk ke dalam ruangan.

Selain Atap gelombang transparan EXCEL B, GRAHAEXCEL juga memiliki beberapa merk Atap transparan lainnya, ingin tahu bagaimana tampilan, keunggulan dan pengaplikasiannya?
Yuk langsung saja klik video berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=rxybzEqgL_8