Atap sebagai pelindung bagunan, gedung atau rumah. Atap menjadi salah satu bagian penting dan mempunyai desain bermacam-macam menyesuaikan kondisi bangunan atau kebutuhan dan selera pemilik bangunan. Selain bentuk atap, material pembuat atap juga beragam dan harus dipilih dengan cermat. Atap polycarbonate menjadi salah satu alternatif atap yang modern dan berkualitas.

1. Apa itu Atap Polycarbonate

Apa itu atap polycarbonate? Atap polycarbonate adalah alternatif atap dengan desain transparan atau bening terbuat dari material thermoplastic polymer. Jenis atap ini cocok untuk desain rumah minimalis yang bernuansa clean dan fresh.

Atap polycarbonate menjadi pengganti kaca yang tidak mudah pecah dan harga polycarbonate lebih ekonomis. Polycarbonate lebih ringan dibanding jenis material atap lain, tahan terhadap berbagai suhu, tahan benturan dan lebih awet. Beberapa produsen membuat atap jenis ini dengan keunggulan anti-UV yang sangat pas dengan iklim tropis Indonesia.


2. Keunggulan dan Kekurangan Polycarbonate

Selanjutnya mari kita bahas tentang apa saja keunggulan dan kekurangan polycarbonate sebagai pertimbangan Anda dalam memilih atap.

Keunggulan polycarbonate di antaranya :

• Mudah dibersihkan dengan cara menyemprot air atau air sabun.
• Ramah lingkungan karena material polycarbonate dapat didaur ulang.
• Mudah dibentuk dan dipasang sesuai keinganan pemilik rumah.
• Kualitas kejernihan polycarbonate tidak kalah dengan material kaca.
• Dapat menahan sinar matahari dan ada yang dilengkapi dengan anti-UV.
• Lebih kuat dibanding akrilik dan kaca sehingga lebih awet dan tahan lama.
• Berat polycarbonate vs atap UPVC lebih ringan sehingga mempermudah proses pemasangan.

Kekurangan polycarbonate yaitu :

• Tidak terlalu tahan dengan goresan jika dibandingkan dengan atap galvalum atau atap beton.
• Tidak tahan zat kimia sehingga perlu berhati-hati ketika membersihkan. Hindari zat kimia yang mengandung aseton atau benzena karena mudah merusak kualitas polycarbonate.

Kaum milenial menyukai atap polycarbonate untuk melindungi rumah sekaligus membuat desain rumah lebih cantik. Apakah Anda juga tertarik? Pilihlah jenis polycarbonate sesuai kebutuhan Anda dan anggaran pembangunan rumah. Harga polycarbonate cenderung lebih ekomonis jika melihat dari kualitas dan ketahanannya. Selain itu, banyak pilihan variasi warna yang bisa Anda sesuaikan dengan desain interior atau eksterior rumah. Pastikan Anda memilih polycarbonate berkualitas untuk atap terbaik.

Untuk sobat EXCEL yang masih bingung memilih antara Atap dingin uPVC EXCELtech (single layer) vs Atap uPVC SKYDECK (double layer atau twinwall). Perbedaan dan Perbandinganya, Mana lebih bagus ? Kelebihan dan kekurangannya ? Jangan lupa simak video berikut ini ya https://youtu.be/4IovfLs-kr8