Banyaknya manfaat yang didapatkan dari penggunaan tangki, membuat Anda juga harus menentukan kapasitas tangki. Selain bisa membuat hemat tagihan listrik, adanya tangki atau tandon juga bisa menjamin adanya cadangan air.

Terdapat berbagai cara untuk menghitungnya, bisa menggunakan rumus-rumus tertentu juga atau berdasarkan pada beberapa alasan. Biasanya, perhitungan tersebut dilakukan ketika membeli atau membangun hunian baru.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa didapatkan oleh pemilik rumah ketika memutuskan untuk menggunakan toren. Namun, kekurangan tersebut bisa diantisipasi jika Anda bisa menyesuaikan jenis dan ukurannya dengan kebutuhan.

Menentukan Kapasitas Tangki dengan Hitungan Akurat

Hitungan secara kuantitatif tentu dinyatakan akurat. Jika Anda merasa kesulitan dalam menentukan kapasitas tangki, maka bisa meminta bantuan kepada orang yang bekerja di toko bangunan atau arsitek.

Rumus menghitung kapasitas toren, yaitu volume = jari-jari x jari-jari x tinggi x (22/7). Rumus ini diajarkan saat berada di bangku sekolah. Agar lebih mudah memahaminya, mari mencoba dengan contoh.

Apabila toren air di rumah Anda berukuran tinggi 100 cm dan diameter 90 cm otomatis jari-jarinya pasti 40 cm. Ubah satuan hitungan, yaitu 1 meter dan 0,9 meter.

Maka, perhitungannya volume = (0,9 x 0,9 x 1) x (22/7) maka dapat disederhanakan menjadi dan 0,81 x 3,14 mendapatkan hasil 2,54m³. Kemudian, ubah satuannya, dimana 1m³ = 1.000 liter.

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat diperoleh volume air yang muat di toren air anda, yaitu 2,54 x 1.000 = 2540 liter. Kesimpulannya, toren mampu menampung air dalam volume besar.

Alasan Menentukan Kapasitas Tangki Sesuai Kebutuhan

Selain menentukan kapasitas isi tangki menggunakan perhitungan rumus, Anda bisa mempertimbangkannya berdasarkan beberapa alasan atau kebutuhan. Disebut sebagai perhitungan kualitatif, bisa membantu Anda menentukan ukuran tangki air.

Berikut beberapa hal untuk menentukan ukuran tangki :

1. Berdasarkan Jumlah Anggota Keluarga

Semakin banyak jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah anda, tentu ukuran toren juga harus besar. Biasanya, Anda akan membutuhkan ukuran besar jika membangun kost-kostan dengan jumlah kamar cukup banyak.

Pemilik rumah atau bahkan kost-kostan harus memperhitungkan secara matang bahwa persediaan air dapat mencukupi kebutuhan seluruh penghuni. Terutama, jika masing-masing penghuni membutuhkan air untuk mencuci baju dan kendaraan.

Selain jumlah penghuni, Anda juga harus memperhitungkan kebiasaan mereka terkait mencuci baju dan kendaraan. Jika semua penghuni mencuci secara mandiri, bukan hanya kapasitas, tetapi penempatan toren air juga harus diperhatikan.

2. Memperhatikan Kualitas dari Toren Air

Kualitas air akan berpengaruh besar terhadap kesehatan anda, mengingat air digunakan untuk memasak, gosok gigi, mandi, dan mencuci benda-benda yang dipakai sehari-hari. Kualitas toren dijaga untuk mempertahankan kualitas air.

Untuk mendapatkan toren bagus, terdapat budget yang harus dikeluarkan. Lebih baik, Anda membeli alat rumah tangga tersebut yang bagus dengan harga sedikit mahal, tetapi bertahan untuk jangka panjang.

Tangki berkualitas biasanya memiliki dinding yang dilapisi material cukup tebal, tujuannya agar tahan di segala cuaca, mengingat penempatan tangki pasti di area luar rumah atau bahkan di dalam tanah.

Selain itu, pilihlah tangki yang permukaannya cukup licin, tidak mudah rapuh, dan tahan terhadap guncangan besar. Sehingga, Anda tidak kerepotan mengatasi permasalahan kerusakan fatal, seperti bocor.

Mengetahui Jenis Toren Air untuk Rumah Anda

Tidak hanya menentukan kapasitas tangki berdasarkan perhitungan kuantitatif dan pertimbangan kualitatif. Ada berbagai jenis tangki atau toren, Anda harus mengenali jenis toren untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis pertama, yaitu toren berbahan fiberglass. Bahan ini cocok dipilih bagi Anda yang ingin menghemat budget pembelian. Tekstur dindingnya lebih keras apabila Anda membandingkannya dengan toren jenis lain.

Namun, sesuai dengan budget, kualitasnya tidak cukup baik untuk jangka panjang, artinya tidak tahan lama dan membutuhkan dana rawat yang mahal. Selain itu, bahannya mudah larut, sehingga merusak kualitas air.

Kedua, yaitu polyethylene yang menjadi jenis favorit masyarakat Indonesia. Seperti benda-benda di pasar pada umumnya, jumlah produksi dan penjualannya cukup ramai di pasaran. Bahan dasarnya plastik dan lebih tahan benturan.

Kelebihan lainnya, tandon ini juga dilapisi dengan alat anti lumut dan jamur. Sehingga, jika sudah lama tidak dibersihkan, tetap menjaga kualitas air bersih di dalamnya.

Terakhir, stainless steel yang merupakan jenis berbahan paling aman hingga 100%. Perawatannya cukup mudah, karena adanya kandungan merkuri. Membersihkan tandon ini cukup mudah. Kualitasnya yang baik membuat harganya lebih mahal.

Sebelum membeli, Anda harus memperhitungkan segala hal, seperti memilih jenis tepat sesuai kelebihan dan kekurangan, serta menentukan kapasitas tangki berdasarkan perhitungan kuantitatif dan pertimbangan kualitatif.

Grahaexcel menjual berbagai macam toren air baik itu toren air polyethene dan toren air stainless steel. Kami merupakan produsen toren air yang terpercaya dan melayani di seluruh Indonesia.