Gazebo adalah suatu ruang terbuka kecil yang biasanya diletakkan di taman atau pavilion dan berfungsi sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam di sekitar tempat tersebut. Selain untuk tempat bersantai, gazebo juga kerap kali digunakan untuk melakukan doa dan merenung, untuk relax dan healing.

Seperti bentuk gazebo kayu minimalis pada gambar berikut ini, meskipun ukurannya kecil dan bukan merupakan bangunan utama, namun gazebo kayu tersebut bisa menjadi penambah daya tarik arsitektur bangunan secara keseluruhan terutama untuk tampilan eksterior. Dan secara otomatis pula, dengan adanya gazebo kayu, design rumah awal akan lebih terasa unik dan berbeda dibandingkan dengan rumah – rumah warga yang lain.

Karena memang tujuan dibangunnya gazebo kayu adalah sebagai tempat untuk menikmati kawasan sekitarnya, maka gazebo kayu akan dibangun dengan membuat banyak bukaan, atau yang biasa kita sebut dengan semi outdoor. Bahkan biasanya hampir tidak ada penutup dinding pada setiap sisinya. Jadi kebanyakan gazebo kayu atau bahkan gazebo minimalis, hanya akan menggunakan tiang-tiang penyangga dan atap tanah liat seperti ini

Kesan santai yang diciptakan dari gazebo kayu, banyak diaplikasikan di taman kota, di rumah perorangan, bahkan ruang makan dengan konsep pedesaaan yang sederhana.

Oh iya sobat EXCEL, tipe atau jenis gazebo kayu itu ada banyak loh sob. Salah satunya, yang akan kita bahas kali ini, yaitu gazebo kayu minimalis bergaya tradisional classic dengan tiang penyangga kayu dan penutup atap gazebo dari genteng tanah liat. Biasanya orang kebanyakan memilih jenis ini karena design yang minimalis dan nyaman tapi tetap elegan dan tentunya sirkulasi udara juga menjadi lebih lancar dan lebih stabil dengan konsep ini

Atap pada gazebo kayu seperti ini, juga memiliki peran penting dalam bagian konstruksi gazebo kayu minimalis ini. Karena berfungsi sebagai penutup ruang pada bagian atas dari air hujan dan sinar matahari. Terdapat berbagai jenis atap gazebo kayu, seperti atap berbentuk joglo, limas, rangka dan datar. Masing-masing memiliki sistem rangka yang monolit. Rangka berguna menahan beban pada penutup atap gazebo kayu dari pergerakan angin, dan air hujan. Atap gazebo kayu sepenuhnya tertutup rapat tentunya dilengkapi dengan nok, nok pada tipe bentuk atap seperti ini pastinya banyak, ada nok simpang 3, nok atas, nok samping, dan tentunya nok ujung. Jika dilihat bentuk tampilannya seperti ini, maka Anda akan langsung familiar, bahwa atap ini tampilannya menyerupai atap rumah.

Tapi tahukah sobat EXCEL, atap gazebo minimalis tersebut ternyata dapat diganti dengan atap alternatif yang lain loh sob!

Salah satunya genteng plastik uPVC ELITEROOF yang diproduksi oleh GRAHAEXCEL memiliki keunggulan yang banyak sekali.. Yuk kenalan dulu dengan atap uPVC ini!

Genteng plastik uPVC ELITEROOF dari GRAHAEXCEL merupakan genteng uPVC yang sudah dilengkapi dengan lapisan ASA / PMMA (acrylic). Lapisan ini menjadikan genteng lebih kuat, warna tidak mudah pudar, tentunya awet dan tahan lama, tak ketinggalan pastinya sudah tahan terhadap korosi, anti bocor dan lebih dingin hingga tidak berisik saat hujan.

Sesuai namanya yaitu genteng plastik, dan tampilannya benar benar sudah menyerupai genteng tanah liat, hanya beda di bahan baku, tapi jika dilihat juga bentuk profil gelombang pada atapnya, memang sama dengan genteng tanah liat, maka sudah dapat dipastikan bahwa genteng plastik uPVC ELITEROOF dari GRAHAEXCEL ini dapat menjadi alternatif yang sangat baik untuk menggantikan atap tanah liat konvensional yang ada di gazebo kayu minimalis pada umumnya. Walaupun diganti dengan genteng plastik uPVC ELITEROOF dari GRAHAEXCEL, tetap tidak akan meninggalkan kesan tradisional atau klasiknya ya sob. Karena, genteng plastik uPVC ELITEROOF ini memliki design yang hampir mirip dengan genteng dari tanah liat itu sendiri.

Selain karena memang tampilannya, menyerupai genteng tanah liat pada umumnya, kira – kira tahukan Anda, Kenapa sih harus beralih ke genteng plastik uPVC ELITEROOF dari GRAHAEXCEL? Simak keunggulannya sebagai berikut:

1. Tidak korosi dan anti bocor
Dengan percobaan dicelupkan ke dalam berbagai bahan kimia selama 24 jam, genteng plastik uPVC ELITEROOF dari GRAHAEXCEL tidak menunjukkan reaksi kimia jadi tentunya anti korosi. Selain itu genteng plastik uPVC ELITEROOF dari GRAHAEXCEL memiliki sambungan yang presisi sehingga saat dijadikan atap tidak akan mudah bocor. Sambungan tersebut dikatakan presisi, karena bentuknya adalah 1 gelombang dari lembar atap yang sudah tersedia. Jadi sangat mudah untuk ditumpuk dan menghasilkan kuncian yang cukup presisi, dan rapat, untuk selanjutnya dilakukan proses skrup atap

2. Tidak merambatkan api
Keunggulan kedua dari genteng plastik uPVC ELITEROOF yaitu tidak merambatkan api. Api akan secara otomatis langsung padam, jika langsung dijauhkan dari sumbernya. Dan tentunya jika genteng plastik uPVC ELITEROOF terbakar di bagian depan, maka bagian belakang nya tidak akan terkena api, atau bahkan bolong. Karena genteng plastik uPVC ELITEROOF diformulasikan khusus dengan bahan baku uPVC tanpa bahan campuran.

3. Mudah dalam pemasangan
Pemasangan genteng plastik uPVC ELITEROOF, tentunya 10x lebih cepat dibanding genteng tanah liat konvensional. Karena sudah tersedia dalam bentuk lembaran, bukan dijual dalam bentuk per daun, dan juga berat dari genteng plastik uPVC ELITEROOF lebih ringan, dibandingkan genteng tanah liat pada umumnya, yang harus diangkat dalam jumlah banyak sekali naik. Sehingga dengan genteng plastik uPVC ELITEROOF jadi dapat mengurangi beban pada konstruksi bangunan sehingga tidak repot lagi, mudah dipasang dan dipindahkan yang tentunya dapat menghemat biaya tukang.

Selain itu dengan lapisan akrilik yang licin, maka genteng plastik uPVC ELITEROOF dapat membersihkan dirinya secara otomatis (self cleaning system) tanpa perlu membutuhkan jasa tukang untuk membersihkannya. Jadi apabila terkena air hujan, debu pada atap ini akan bersih seketika tanpa meninggalkan bercak air.

4. Warna tahan lama
Warna pada genteng plastik uPVC ELITEROOF awet dan tahan lama serta tidak akan luntur dalam jangka waktu yang lama. Karena sudah menggunakan pigmentasi warna khusus standarisasi Jepang tentunya juga sudah aman bagi kesehatan, yang juga dilapisi dengan lapisan UV Protection (ASA/PMMA), sehingga sangat cocok digunakan di negara beriklim tropis yang kadang – kadang panas dan tiba- tiba lembab seperti di Indonesia, dengan cuaca yang cukup ekstrim.

5. Atap dingin / sejuk
Genteng plastik uPVC ELITEROOF merupakan atap peredam panas yang baik karena dapat menurunkan suhu ruangan hingga 4°C dibandingkan suhu di luar ruangan. Sehingga membuat ruangan dibawahnya tidak akan memiliki panas yang menyengat dan terasanya lebih nyaman.

6. Peredam suara dan tidak menghantar listrik
Genteng plastik uPVC ELITEROOF selain dapat meredam panas juga merupakan atap yang dapat menghambat suara hingga 15db. Sehingga menjadikan ruangan tidak berisik dan nyaman ketika hujan dan angin kencang, serta tidak menghantar listrik sehingga tidak akan merambatkan api bila terkena petir.

7. Awet dan tahan lama
Atap genteng uPVC ELITEROOF tahan terhadap perubahan cuaca dan memiliki ketahanan 10 tahun. Sehingga menjadi solusi investasi jangka panjang terbaik loh sob.

Banyak sekali kan sob, keunggulan dari salah satu atap yang diproduksi oleh Grahaexcel? Semakin tertarik juga bukan?

Lalu mana yang Anda pilih; Genteng tanah liat tradisional atau Atap uPVC ELITEROOF dengan segala keunggulan yang dimiliki untuk atap gazebo Anda ?
Jangan salah pilih atap untuk hunian Anda ya!

Mau tau info dan tips lainnya dari Grahaexcel? Langsung klik link video berikut ya!
https://www.youtube.com/watch?v=4IovfLs-kr8