Jika Anda sering mengamati jalanan maka Anda pasti sudah tidak asing dengan benda berwarna orange yang terbuat dari plastik dan dinamakan road barrier plastik. Anda mungkin selama ini sudah sering melihat benda tersebut tetapi tidak mengetahui nama detail dari benda berwarna orange itu.

Jika selama ini Anda selalu menemukan penempatan road barrier tersebut berada di tengah untuk membagi jalanan ke dalam dua bagian, maka sudah saatnya Anda mengetahui sebenarnya apa fungsi keberadaan benda tersebut di jalanan serta beberapa jenis dari road barrier yang digunakan dan ada di Indonesia.

Apa Itu Road Barrier Plastik dan Jenisnya

Seperti yang sudah sering Anda amati adalah kegunaan dari road barrier sendiri yaitu untuk memisahkan dan membagi jalan agar arus lalu lintas bisa berjalan aman. Selain itu juga, biasanya road barrier digunakan untuk memisahkan antara jalan utama dengan jalan pintas atau alternatif jika ada.

Selain itu juga terkadang polisi lalu lintas menggunakan road barrier sebagai penutup jalan agar kendaraan baik roda dua, tiga, empat bahkan lebih tidak diperbolehkan melalui jalanan tersebut untuk suatu kepentingan. Itulah fungsi dari keberadaan road barrier yang ada di jalanan.

Manfaat dari keberadaan benda tersebut di jalanan adalah bisa mengurangi kemacetan arus lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Pengendara juga bisa mendapatkan petunjuk di jalanan melalui adanya road barrier. Namun ternyata road barrier juga memiliki jenis jenisnya.

Perbedaan dari jenis road barrier tersebut dipengaruhi oleh material penyusunnya. Adapun jenis tersebut adalah road barrier fiber, road barrier plastik, dan yang paling banyak ditemukan juga adalah road barrier beton. Ketiganya tentu memiliki kelebihan keunggulannya masing masing.

Keunggulan Road Barrier Plastik

Ada beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui mengapa road barrier plastik lebih banyak disukai untuk digunakan dijalanan dibandingkan dengan jenis lainnya. Biasanya road barrier jenis ini akan diisi dengan air untuk membuat massa nya menjadi lebih berat sehingga tidak gampang terjatuh saat tidak sengaja tersenggol oleh pengendara.

Keunggulan yang pertama adalah road barrier jenis ini bersifat ringan sehingga mudah untuk dipindah pindahkan. Bahan material yang digunakan yaitu polietilen ringan akan lebih ringan dibandingkan dengan jenis beton. Cocok digunakan saat acara penting seperti tempat kerja dan acara yang berlangsung sementara.

Selanjutnya adalah penggunaan road barrier plastik tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak. Dapat ditangani juga dipasang dengan mudah hanya oleh dua hingga tiga orang pekerja saja. Selain itu juga mudah dipindahkan dengan forklift. Jenis ini akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan jenis road barrier berbahan beton.

Keunggulan ketiga yaitu bersifat tahan lama. Sebagaimana yang Anda ketahui adalah bahwa material pembuatnya yang berasal dari plastik adalah material yang tidak mudah untuk terurai walau dihantam hujan dan panas terik matahari setiap hari. Keunggulan ini membuat penggunaan road barrier jenis ini bisa menghemat pengeluaran.

Kemudian yang paling mencolok adalah road barrier plastik memiliki beragam warna yang Anda bisa pilih. Biasanya pilihan warna yang disediakan adalah warna terang yang akan mudah dilihat oleh pengendara dari kejauhan atau saat malam hari. Selain itu warna juga tidak akan mudah pudar karena adanya penambahan inhibitor sinar ultraviolet.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh jenis road barrier tersebut memungkinkan menjadikan alasan yang tepat untuk menggunakannya. Kehadiran road barrier plastik di jalan akan memberikan manfaat serta keuntungan yang berguna bagi pengguna jalanan.

Jika sobat EXCEL ingin tahu cara mudah membersihkan tandon air EXCEL klik link berikut ini ya https://youtu.be/jCXr5D-gZXg