Kanopi bisa juga disebut atap dengan kerangka khusus yang biasanya dipasang di bagian depan bangunan atau bagian beranda rumah. Fungsi dari kanopi yaitu sebagai pelindung bagian rumah tertentu. Selain itu, kanopi juga memberik efek estetika pada desain eksterior sebuah bangunan atau rumah. Bagaimana cara memilih atap kanopi yang baik? Mari simak penjelasan berikut ini!

1. Tentukan Jenis Kanopi yang Berkualitas

Jenis kanopi secara umum ada dua yaitu kanopi baja ringan dan kanopi besi hollow. Jenis kanopi baja ringan lebih banyak dipilih karena lebih unggul dari segi kualitas. Kanopi baja ringan telah memiliki sifat anti karat, mudah dipasang, tahan panas, lebih ekonomis dan tahan lama. Selain itu, kanopi baja ringan punya banyak variasi dari segi material dan warna yang bisa membuat bangunan semakin enak dipandang.

Beberapa jenis kanopi baja ringan yang bisa Anda pilih di antaranya yaitu kanopi baja ringan membrene, kanopi berbahan kaca, kanopi galvalum, kanopi spandek, kanopi alderon dan kanopi polycarbonate. Sebagian besar jenis kanopi baja ringan lebih mudah dalam proses pemasangan sehingga lebih efisien dari segi biaya dan waktu.

2. Sesuaikan Model Kanopi dengan Desain Rumah Anda

Bagaimana desain rumah impian Anda? Untuk memilih atap kanopi yang tepat perlu disesuaikan dengan desain rumah dan kebutuhan Anda. Jika Anda suka desain rumah minimalis maka akan sangat cocok menggunakan kanopi berbahan baja ringan transparan. Atap transparan memberi kesan modern dan pencahayaan yang baik untuk mengurangi penggunaan listrik. 

Kanopi berwarna gelap lebih cocok jika Anda ingin membuat atap kanopi untuk garasi mobil. Anda bisa kombinasikan warna besi gelap di bagian bawah dan lapisan putih di bagian atas untuk menahan panas secara optimal sehingga tidak merusak cat mobil. Anda juga bisa memilih kanopi baja ringan yang sudah dilengkapi anti-UV agar lebih awet dan tidak panas. 

Kanopi berbahan dasar Polycarbonate atau Alderon cocok untuk menghiasi teras depan rumah karena punya banyak pilihan warna cantik. Selain itu jenis kanopi ini dapat meredam panas, tidak berisik dan lebih tahan lama. Jenis kanopi fiber lebih cocok digunakan di pabrik atau jenis bangunan yang butuh pencahayaan lebih banyak dan punya banyak ventilasi udara.

3. Sesuaikan Budget dengan Harga Kanopi        

Banyak pilihan kanopi dengan harga beragam. Anda perlu menentukan budget untuk pemasangan kanopi berdasarkan kebutuhan. Dalam menyusun anggaran tersebut tentukan tujuan pemasangan kanopi. Apakah kanopi tersebut akan dipasang di rumah Anda, di kantor, pabrik atau lokasi lainnya? Anda akan memakai konsep minimalis, modern atau tradisional? Hal ini akan berpengaruh pada perencanaan anggaran dan pilihan kanopi yang tepat. 

Pemasangan kanopi berarti juga menyiapkan anggaran untuk membeli tiang dan kerangka kanopi, biaya pemasangan, lama waktu pemasangan dan sebagainya. Pastikan perhitungan budget Anda sudah sesuai agar hasil pemasangan kanopi bisa maksimal sesuai harapan Anda. Banyak jenis kanopi baja ringan yang harganya ekonomis dan pemasangannya mudah, mungkin bisa Anda pasang sendiri untuk menghemat biaya.

Itulah tiga cara memilih atap kanopi yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu fokus pada kualitas kanopi, tujuan pemasangan, desain yang diinginkan dan budget Anda. Setiap jenis kanopi punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak salah pilih, pastikan Anda sudah mencari tahu apa saja jenis kanopi dan keunggulannya sebelum memutuskan yang terbaik untuk Anda.

Nah jika sobat EXCEL sudah mengetahui cara memilih atap kanopi yang baik, simak video tips lengkap untuk menghitung kebutuhan atap kanopi dan bangunan anda menggunakan Atap uPVC untuk meminimalisasikan kekurangan/ kelebihan order serta efisiensi potongan buangan berikut https://youtu.be/9l28EGidSLE