Menghadapi musim hujan yang pasti terjadi di Indonesia maka membuat penampungan hujan merupakan hal yang dapat dilakukan. Penampungan hujan tersebut bisa memberikan banyak manfaat salah satunya sebagai Tindakan preventif agar rumah Anda tidak mengalami genangan air yang cukup banyak sehingga terjadi banjir lokal.

Selain itu juga, keberadaan penampungan hujan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Biasanya masyarakat menggunakan air hujan sebagai penyediaan air saat kemarau akan datang sehingga mencegah kekeringan untuk tanaman yang sedang dirawat dan tanaman tetap berbuah sesuai waktunya karena tetap mendapatkan air yang cukup.

Jika Anda sudah mulai membuat penampungan hujan maka ada beberapa jenis penampungan hujan yang bisa Anda buat di rumah. Tentu saja jenis tersebut adalah jenis sederhana yang bisa dengan mudah dan cepat Anda buat di rumah tetapi tetap memberikan manfaat yang setimpal.

Jenis Penampungan yang Bisa Dibuat

Jenis penampungan hujan yang pertama adalah dengan memanfaatkan Teknik biopori. Anda bisa menggunakan Teknik ini dan menempatkannya di setiap sudut rumah anda. Walau sebenarnya untuk membuatnya Anda perlu sedikit effort karena memerlukan bahan bahan tertentu, harus membuat lubang pada bahan tersebut, dan membenamkannya di tanah.

Walau agak rumit, tetapi jika hujan turun maka lubang atau pori yang terdapat di dalamnya akan langsung terserap dan tidak akan menimbulkan genangan yang bisa berpotensi menyebabkan banjir lokal. Lebih lagi jika Anda meletakkan biopori di lokasi yang sering tergenang air jika hujan turun.

Jenis selanjutnya adalah membuat penampungan hujan dengan menyediakan bak khusus penampungan air hujan. Anda bisa menggunakan ember atau membuat kolam khusus agar bisa menampung air hujan ketika musim hujan tiba. Jenis ini merupakan jenis penampungan yang sangat mudah dilakukan.

Kemudian yang ketiga adalah Anda bisa mencoba untuk membuat penampungan hujan dengan memasang rainwater utilization system. Walau Anda sering melihat penggunaan tersebut di sebuah bangunan besar, ternyata Anda juga bisa menerapkannya di rumah. Namun tentu Anda harus mengeluarkan effort tertentu.

Cara Membuat Penampungan Hujan dengan Benar

Dari ketiga jenis penampungan tersebut maka yang paling gampang untuk Anda lakukan adalah membuat penampungan hujan dengan cara menyediakan bak khusus untuk penampungan air hujan. Anda hanya perlu menyediakan wadah seperti ember yang besar dan diletakkan di sudut rumah atau tempat biasanya air sering tergenang.

Anda juga bisa membuat penampungan air hujan dengan membuat kolam di pekarangan rumah anda. Kolam tersebut bisa dibuat dengan cara digali dengan kedalaman yang bisa Anda sesuaikan. Dengan membuat kolam maka Anda akan membuat penampungan hujan jika tanah sudah tidak bisa lagi menampung air hujan yang membasahi.

Air tersebut bisa Anda gunakan untuk menyiram tanaman anda, baik tanaman hias atau tanaman yang bisa dikonsumsi agar ketika kemarau datang tanaman Anda tetap mendapatkan air yang cukup sehingga tidak menganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain itu air hujan yang ditampung juga bisa digunakan untuk mandi cuci kakus, tetapi Anda harus melakukan perlakuan khusus seperti menggunakan saringan atau filter agar air tersebut layak dikonsumsi atau digunakan untuk menunjang aktivitas Anda sehari hari.

Walau saat ini musim hujan belum turun, tetapi ada baiknya Anda tetap mempersiapkannya karena penampungan hujan adalah hal yang bersifat esensial dan futuristic. Membuat penampungan hujan akan menjaga Anda dari genangan air hujan yang dapat menjadi sarang penyakit bagi Anda dan keluarga.

Oh iya Sob! Sudah tahu belum jika Tangki Air EXCEL juga memiliki Tangki Tanam yang sudah hampir puluhan tahun tidak ada complain pelanggan dan desain dipertahankan sejak awal, penasaran bagaimana produk Tangki Pendam dari GRAHAEXCEL yuk cek video ini https://youtu.be/6VKkfgMUyK8