Tentu setiap orang harus mengerti cara memasang tangki pendam yang baik. Hal tersebut harus diketahui agar tidak salah dan kedepan tidak ada masalah. Apalagi kebanyakan masyarakat belum mengenal jenis ini.

Padahal tangki air sendiri sangat banyak jenisnya begitu juga dengan cara pemasangannya. Sehingga dengan mengetahui, tentu Anda bisa menentukan tempat terbaik memasang penampung air. Baik secara biasa ataupun dipendam.

Masyarakat desa maupun kota tentu penting untuk memiliki tangki air. Hal tersebut untuk menghindari mati lampu secara mendadak atau terkendala air PAM mati. Pasti akan menganggu jika air tidak ada.

Sehingga kenali dengan baik apa saja jenis penampung air, beserta cara memasangnya. Seperti memasang tangki pendam, maupun diletakkan ditempat tinggi yang biasa digunakan. Sehingga Anda dapat menentukan tempatnya.

Sedangkan jika ingin memasang dengan cara dipendam, maka tentukan dulu cara memasang di tempat terbaik. Karena tidak semua area tempat bagus untuk dijadikan tempat tangki air. Sehingga Anda tentukan dahulu.

Tempat Terbaik Memasang Tangki Pendam

Tentu setiap rumah harus memiliki sebuah penampung air. Hal itu sangat penting, terutama saat keadaan darurat seperti air PAM mati dan lainnya. Sedangkan penyimpanan air praktis adalah dipendam.

Namun, untuk mendapatkan tempat terbaik juga lumayan susah. Sehingga Anda harus benar-benar paham menentukan tempat terbaiknya. Berikut ini cara menentukan pemasangan penampung air pendam di rumah anda.

1. Sebelum memendam perhatikan dengan baik
Sebelum memendam tangki, maka ketahui dulu jenis tangkinya. Pastikan tangki memang khusus untuk dipendam dalam tanah. Sehingga Anda harus konsultasi pada toko ataupun pekerja yang nanti memasang tangkinya.

2. Hindari dekat daerah jalanan
Kemudian hindari daerah dekat jalan ataupun tempat yang dilarang untuk galian. Misalnya dibawah jalan, karena selain dilarang juga berisiko tinggi. Karena nanti pondasi jalan bisa tidak stabil dan amblas.

3. Lokasi stabil
Kemudian cari lokasi stabil baik kontur tanah dan bebas rembesan air. Akan tetapi, Anda juga bisa membuat landasan untuk tangkinya biasanya dibuat dari semen. Sehingga akan terhindar dari rembesan air.

4. Cocok didaerah berpasir
Berikutnya Anda bisa meletakkan tangki pada daerah berpasir yang padat. Tangki pendam butuh pengikat selain landasan. Pengikat itu biasa terbuat dari pasir padat, sehingga daerah berpasir cocok untuk tangki tanam.

5. Hindari lokasi rawan banjir
Kemudian jika daerah Anda rawan banjir maka letakkan tangki didaerah yang tidak bisa terjangkau oleh banjir. Kemudian, jika banjir maka jangan biarkan tangkinya kosong. Karena air banjir dapat merusak tangkinya.

Beberapa Kelebihan Memasang Tangki Pendam

Sebelum memutuskan untuk menggunakan penampung air tentu Anda sudah mengerti mengenai kelebihannya agar menjadi perbandingkan. Seperti tangki pendam juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui.

Berikut kelebihan penampung air pendam.

1. Memiliki lapisan dinding tebal dibandingkan yang biasa.
2. Kemudian memiliki tulangan maupun kaki-kaki yang kokoh dan memiliki fungsi untuk memperkuat struktur tangkinya.
3. Dapat dipendam maupun diletakkan atas tanah.
4. Lebih tahan terhadap adanya benturan serta tekanan saat dipendam.
5. Lebih kokohatau tidak mudah pecah maupun bocor.
6. Tahan cuaca maupun iklim di Indonesia bahkan ekstrim sekalipun.
7. Sudah teruji pada laboratorium sesuai dengan SNI serta ASTM D.

Dinding tebal pada jenis tangki pendam memang sangat diperlukan agar tidak mudah pecah apalagi diletakkan dalam tanah. Bahkan ia ditambah dengan adanya kaki-kaki yang kokoh agar strukturnya lebih kuat.

Melakukan pemasangan harus diketahui area atau daerah yang bagus agar tahan lama untuk kedepan dan minim masalah. Selain itu, pastikan Anda mengerti memasang tangki pendam atau konsultasi dengan pekerja.

Nah untuk Sobat EXCEL yang masih bingung cara memasang Tangki Pendam EXCEL di bawah tanah, yuk simak video tutorial lengkap tangki tanam EXCEL mulai dari fungsi, cara kerja, ketahanan, ukuran tandon air pendam, serta cara memasang secara rinci agar tangki air awet dan tahan lama berikut ini https://youtu.be/6VKkfgMUyK8