Atap tidak lagi hanya sebagai pelindung bangunan tapi juga memberikan nilai estetika desain sebuah rumah. Desain rumah modern dan minimalis kini banyak dikreasikan dengan penggunaan atap transparan. Jika Anda tengah mendesain rumah impian, mari simak penjelasan berikut ini untuk menentukan atap terbaik untuk rumah Anda.

1. Apa Itu Atap Transparan?

Apakah Anda sudah tahu apa itu atap transparan? Atap transparan adalah jenis atap yang mengusung gaya modern dan juga mendukung penghematan energi dan listrik. Atap jenis ini biasanya digunakan pada bagian rumah semi indoor. Atap transparan terbuat dari berbagai material pilihan yang berbeda tergantung dengan jenisnya.

2. Jenis-Jenis Atap Transparan

Untuk lebih jelas mengenai material dari atap transparan Anda perlu tahu jenis-jenis atap transparan yang populer khususnya di Indonesia. Berikut ini adalah berbagai jenis atap transparan yang bisa Anda pilih untuk melindungi dan mempercantik rumah.

a. Polycarbonate

Atap polycarbonate termasuk yang sangat populer karena tahan lama hingga 15 tahun. Jenis atap polycarbonate punya banyak desain dan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

b. Kaca Float Tempered

Pilihan atap selanjutnya terbuat dari material kaca float tempered yang dapat menghangatkan suhu ruangan. Jenis atap ini biasa digunakan dalam desain rumah minimalis untuk memaksimalkan cahaya alami masuk ke dalam rumah. 

c. Atap uPVC Grahaexcel

Atap uPVC Grahaexcel adalah jenis atap yang terbuat dari material uPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Jenis atap ini punya bentuk bergelombang dengan pilihan double layer atau single layer.

3. Aplikasi Atap Transparan

Karena faktor keamanan dan lain-lain tidak semua bagian bangunan cocok dan bisa menggunakan atap transparan. Berikut ini adalah tempat atau bagian bangunan yang bisa menggunakan atap transparan untuk memberikan inspirasi desain bangunan yang cantik.

Aplikasi atap transparan di antaranya untuk:

• Atap rumah kaca atau green house
• Skylight atap gedung atau rumah
• Balkon, teras rumah atau gazebo
• Garasi luar
• Sun room
• Tempat menjemur pakaian

4. Keuntungan dan Kekurangan Atap Transparan

Setiap penggunaan material bangunan tentu memiliki keuntungan dan kekurangan. Apa saja keuntungan dan kekurangan atap transparan?

Keuntungan atap transparan: 

• Memberi kesan yang lebih modern dan estetik.
• Menghemat penggunaan energi listrik karena mengurangi penggunaan lampu di siang hari.
• Beberapa jenis atap transparan telah memiliki anti-UV sehingga lebih tahan panas 

Kekurangan atap transparan:

• Harga atap transparan cenderung lebih mahal di banding atap biasa.
• Jenis atap kaca membutuhkan proses konstruksi lebih sulit dan lama.

5. Cara merawat atap transparan

Cara merawat atap transparan sebenarnya tidak sulit dan tergantung dengan jenis material atap yang dipakai. Jenis atap ini perlu rutin dibersihkan dari debu agar tidak kusam. Untuk membersihkan secara maksimal cukup dengan menyemprot air atau menggunakan air sabun. Jenis atap yang kurang tahan goresan seperti kaca perlu pelapis tambahan agar lebih awet.

Jika Anda ingin mengunakan jenis atap transparan, pastikan Anda paham material yang dipilih agar tahu cara yang baik dalam perawatannya. Sesuaikan jenis material atap dengan kondisi dan kebutuhan desain bagunan Anda. Perawatan yang tepat dan rutin akan membuat atap transparan lebih awet dan tahan lama.

Sobat EXCEL tidak perlu khawatir karena Atap EXCELTECH memiliki kualitas yang pastinya awet dan tahan lama. Yuk simak video test kekuatan Atap transparan EXCELtech yang dapat digunakan sebagai penarangan di atap rumah, dapur, jemuran & kanopi berikut ini https://youtu.be/-DJXzlKErDA