Saat ini banyak orang yang mencari tahu cara memilih dan memasang tandon atau tangki di rumah. Hal tersebut terjadi karena memang tandon atau tangkinya ini memiliki fungsi juga kegunaan yang sangat bermanfaat bagi setiap penghuni rumah.

Anda pasti sering melihat setiap rumah di komplek juga suatu perumahan pasti memiliki tandon air di atap rumahnya bukan? Hal tersebut memang sudah seharusnya setiap rumah memasangkan tandon air atau tangki pada rumah.

Dengan begitu, banyak sekali manfaat juga keuntungan yang akan didapatkan secara langsung dan tidak langsung dapat dirasakan oleh pemiliknya. Dan oleh karena itu juga mengapa banyak orang mencari tahu cara memilih dan memasang tandon air yang baik dan benar.

Jika Anda juga merupakan salah satu orang yang sedang mencari tahu mengenai hal tersebut, maka Anda telah berkunjung ke situs yang tepat karena di dalam artikel ini akan terdapat lengkap pembahasan mengenai pertanyaan atau pencarian tersebut.

Namun sebelum mengetahui cara memilih dan memasang tandon airnya tersebut, akan menjadi lebih baik jika Anda mengetahui serta mengenal lebih dalam mengenai hal atau benda yang akan dikupas tuntas dalam artikel ini.

Hal tersebut perlu di lakukan sehingga Anda dapat lebih dan benar-benar memahami dengan tutorial juga cara yang akan diberikan dan juga dapat menggunakannya secara maksimal.

Apa Itu Tandon atau Tangki Air?

Tandon atau juga tangki merupakan suatu container untuk menyetorkan air. Tangkinya tersebut juga digunakan untuk menyediakan cadangan air bagi para pemiliknya. Air dalam tangkinya tersebut sering digunakan dalam banyak pemakaian.

Jenis pemakaian air di dalam tangki pada umumnya yaitu sebagai minum, pertanian irigasi, memadamkan api, pertanian, pendukung tumbuhan dan hewan, mandi, membersihkan kendaraan, dan lain sebagainya.

Tandon atau tangkinya ini tentu saja memiliki banyak manfaat ketika Anda memasangnya di rumah dan dimana saja. Lalu, apa saja manfaatnya tersebut? Perhatikan pembahasan selanjutnya.

Manfaat Memasang Tandon atau Tangki Air di Rumah

Dengan memasang tandon atau tangki di rumah Anda, maka Anda tentu saja akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan juga keuntungan seperti untuk cadangan ketika musim kemarau tiba.

Biasanya, pada musim kemarau terdapat beberapa daerah yang sulit untuk mendapatkan air. Dengan memasang tandon atau tangki di rumah, maka Anda akan selamat dari kesulitan dalam mendapatkan air.

Jadi, tangki atau tandon juga sangat bermanfaat karena dapat digunakan sebagai penyimpan cadangan airnya ketika dibutuhkan dengan mendesak. Selain itu, tandonnya ini juga akan bermanfaat bagi orang lain juga jika Anda membagikan airnya.

Cara Memilih dan Memasang Tandon

Untuk memilih dan memasang tangki tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan fungsi serta manfaat maksimal dari tandon atau tangki airnya tersebut.

1. Mengetahui Ciri Tangki Dengan Kualitas Bagus

Hal penting pertama yang harus sudah dimiliki yaitu mengetahui ciri tangki atau tandon air berkualitas seperti material tangkinya terdiri dari banyak lapisan, kuat terhadap perubahan cuaca ekstrem, tahan benturan keras, permukaan bagian dalam licin, dll.

2. Mengenal Jenisnya

Setelah itu, pastikan Anda juga mengenal jenis tangki atau tandon berdasarkan jenisnya seperti toren fiberglass, toren stainless steel, sampai juga toren plastik. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah untuk memastikan jenis tandon mana yang cocok.

3. Melakukan Identifikasi Terhadap Penggunaan Air di Rumah

Melakukan identifikasi akan kebutuhan airnya pada rumah Anda akan sangat bermanfaat sehingga Anda juga dapat dengan mudah untuk menentukan ukuran tandon atau tangki yang akan dipakai dan digunakan.

4. Melakukan pemeriksaan Terhadap Kekuatan Rumah

Anda tentu sudah mengetahui bahwa tangki air kebanyakan disimpan pada bagian atap dan di atas rumah. Hal tersebut dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, Anda juga tentu harus memastikan bahwa rumah Anda kuat untuk menyimpannya.

5. Menyiapkan Alas Tangki yang Rata

Setelah itu, pastikan Anda memakai alas tangki yang rata atau datar ketika pemasangannya. Jangan sampai terdapat batu atau kerikil yang mengganjal karena hal tersebut dapat mempengaruhi berdirinya tangki itu.

6. Mengatur ketinggian Tangki dengan Tepat

Dalam instalasi pemasangan tangki air, Anda harus mengatur ketinggiannya terlebih dahulu dengan sangat tepat. Hal tersebut agar tandon dapat berfungsi serta bermanfaat secara maksimal dan juga tidak mengganggu aktivitas.

7. Menentukan Sistem Instalasi atau Pemasangan

Dan terakhir, Anda perlu menentukan sistem instalasi pemasangan pada tandon airnya tersebut. Pada dasarnya terdapat 2 sistem yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu sistem pemasangan yang mengandalkan air PAM, atau menggunakan bak penampung.

Dengan mengetahui cara memilih dan memasang tandon atau tangki diatas Anda tentu akan mendapatkan fungsi serta manfaat dari tandonnya tersebut secara penuh dan maksimal.